MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN
ANTARA HAK DAN KEWAJIBAN
MEMBUAT
ANAK-ANAK ASYIK LUPA AKAN WAKTU
Telah
kita ketahui bersama bahwa, pada kurikulum 2013 dalam penilaiannya mencakup 4
(empat) ranah yaitu spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Pada
pembelajaran PPKn dalam materi hak dan kewajibanku kelas 3 (tiga) antara ranah
pengetahuan dan keterampilan bila diimplementasikan dapat membuat anak-anak
lebih asyik menghabiskan waktunya, karena siswa dituntut selain pandai dalam
pengetahuan juga dituntut pula dalam keterampilan. Telah kita pelajari
pengertian antara hak dan kewajiban. Hak adalah sesuatu yang harus kita terima,
sedangkan kewajiban adalah sesutau yang wajib kita kerjakan. Jadi keduanya
harus kita laksanakan secara seimbang agar tercipta suatu keselarasan.
Dalam
mengimplementasikan keduanya, anak anak diwajibkan untuk membuat suatu karya
yang menuntut anak-anak tersebut mencari gambar-gambar dalam buku, majalah,
koran, internet, bahkan hasil lukisannya sendiripun dapat mereka tampilkan. Dengan
demikian anak-anak akan lebih aktif dalam mengerjakan tugasnya yang dapat
memacu anak-anak lebih antusias untuk menyelesaikan tugasnya walaupun waktu
yang digunakan cukup lama.
Diharapkan
dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menggunakan antara hak dan
kewajibannya secara seimbang baik di rumah, sekolah, maupun masyarakat. Anak
tidak hanya menuntut haknya saja atau menjalankan kewajibannya saja, tetapi dapat
melaksanakan keduanya dengan rasa tanggung jawab. Kita sebagai orang tua atau
guru juga harus menghargai apa yang telah dilakukan oleh anak-anak kita,
sebagai penghargaan maka kita memberikan hak kepada anak-anak kita.
Adapun
langkah-langkah pembuatan keterampilan tersebut yaitu :
·
Siswa mencari gambar dalam koran, majalah,
atau internet yang berhubungan dengan hak dan kewajiban
·
Setelah mendapatkan gambar yang sesuai,
gunting dengan rapi dan tempelkan di buku tugas
·
Beri keterangan di bawah gambar yang
sesuai
Dengan
keberhasilan siswa dapat membuat keterampilan gambar tersebut, maka siswa telah
dapat membedakan antara hak dan kewajiban. Melihat hasil yang telah dikerjakan
anak-anak, guru dapat menyimpulkan bahwa siswa telah berhasil dalam
pembelajaran hak dan kewajibanku materi kelas 3 (tiga).
Hasil
karya anak-anak :