MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN ANTARA HAK dan KEWAJIBAN MEMBUAT ANAK-ANAK ASYIK LUPA AKAN WAKTU



MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN ANTARA HAK DAN KEWAJIBAN

MEMBUAT  ANAK-ANAK ASYIK LUPA AKAN WAKTU

 

Telah kita ketahui bersama bahwa, pada kurikulum 2013 dalam penilaiannya mencakup 4 (empat) ranah yaitu spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Pada pembelajaran PPKn dalam materi hak dan kewajibanku kelas 3 (tiga) antara ranah pengetahuan dan keterampilan bila diimplementasikan dapat membuat anak-anak lebih asyik menghabiskan waktunya, karena siswa dituntut selain pandai dalam pengetahuan juga dituntut pula dalam keterampilan. Telah kita pelajari pengertian antara hak dan kewajiban. Hak adalah sesuatu yang harus kita terima, sedangkan kewajiban adalah sesutau yang wajib kita kerjakan. Jadi keduanya harus kita laksanakan secara seimbang agar tercipta suatu keselarasan.


Dalam mengimplementasikan keduanya, anak anak diwajibkan untuk membuat suatu karya yang menuntut anak-anak tersebut mencari gambar-gambar dalam buku, majalah, koran, internet, bahkan hasil lukisannya sendiripun dapat mereka tampilkan. Dengan demikian anak-anak akan lebih aktif dalam mengerjakan tugasnya yang dapat memacu anak-anak lebih antusias untuk menyelesaikan tugasnya walaupun waktu yang digunakan cukup lama.

Diharapkan dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menggunakan antara hak dan kewajibannya secara seimbang baik di rumah, sekolah, maupun masyarakat. Anak tidak hanya menuntut haknya saja atau menjalankan kewajibannya saja, tetapi dapat melaksanakan keduanya dengan rasa tanggung jawab. Kita sebagai orang tua atau guru juga harus menghargai apa yang telah dilakukan oleh anak-anak kita, sebagai penghargaan maka kita memberikan hak kepada anak-anak kita.

Adapun langkah-langkah pembuatan keterampilan tersebut yaitu :

·         Siswa mencari gambar dalam koran, majalah, atau internet yang berhubungan dengan hak dan kewajiban

·         Setelah mendapatkan gambar yang sesuai, gunting dengan rapi dan tempelkan di buku tugas

·         Beri keterangan di bawah gambar yang sesuai



Dengan keberhasilan siswa dapat membuat keterampilan gambar tersebut, maka siswa telah dapat membedakan antara hak dan kewajiban. Melihat hasil yang telah dikerjakan anak-anak, guru dapat menyimpulkan bahwa siswa telah berhasil dalam pembelajaran hak dan kewajibanku materi kelas 3 (tiga).

Hasil karya anak-anak :