Pembelajaran Menyenangkan
Kelas 1 C melalui Game Wordwall
Pembelajaran Daring menjadi pilihan utama dalam kondisi pencegahan penyebaran covid di sekolah. Pendidikan yang biasanya berlangsung dengan interaksi langsung antara guru dan peserta didik kini beralih menjadi pembelajaran interaksi secara tidak langsung. Pembatasan interaksi langsung dalam pendidikan terkadang terjadi pada situasi tertentu namun tidak dalam rangka pembatasan sosial seperti yang masyarakat jalani sebagai upaya pencegahan penyebaran virus. Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun siswa berada di rumah. Solusinya, guru dituntut dapat mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online).
Guru SDN Sondakan selama pandemi menggunakan aplikasi zoom dan g-meet untuk melaksanakan pembelajaran secara daring agar tetap memberikan pelayanan pendidikan kepada peserta didik. Akan tetapi, peserta didik merasa bosan dengan situasi pembelajaran yang monoton seperti ini khususnya anak-anak kelas 1 C. Hal ini yang membuat guru harus mencari media alternatif dalam pembelajaran agar pembelajaran dapat berjalan efektif meskipun siswa berada di rumah.
Pembelajaran menggunakan game Wordwall ini tetap digunakan dalam pembelajaran secara PTMT di sekolah agar anak-anak terbiasa menggunakan digitalisasi di sekolah ketika pembelajaran berlangsung. Pembelajaran menggunakan game ini terbukti dapat membuat anak-anak tidak jenuh ketika mengikuti pembelajaran secara daring maupun luring dengan adanya respon dari orang tua dan peserta didik sehingga pembelajaran lebih aktif dan menyenangkan.