Pembelajaran Menyenangkan Kelas 1 C melalui Game Wordwall



Pembelajaran Menyenangkan 

Kelas 1 C melalui Game Wordwall

       Pembelajaran Daring menjadi pilihan utama dalam kondisi pencegahan penyebaran covid di sekolah. Pendidikan yang biasanya berlangsung dengan interaksi langsung antara guru dan peserta didik kini beralih menjadi pembelajaran interaksi secara tidak langsung. Pembatasan interaksi langsung dalam pendidikan terkadang terjadi pada situasi tertentu namun tidak dalam rangka pembatasan sosial seperti yang masyarakat jalani sebagai upaya pencegahan penyebaran virus. Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun siswa berada di rumah. Solusinya, guru dituntut dapat mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online).

    Guru SDN Sondakan selama pandemi menggunakan aplikasi zoom dan g-meet untuk melaksanakan pembelajaran secara daring agar tetap memberikan pelayanan pendidikan kepada peserta didik. Akan tetapi, peserta didik merasa bosan dengan situasi pembelajaran yang monoton seperti ini khususnya anak-anak kelas 1 C. Hal ini yang membuat guru harus mencari media alternatif dalam pembelajaran agar pembelajaran dapat berjalan efektif meskipun siswa berada di rumah. 




    Game edukasi merupakan media alternatif yang dapat digunakan sebagai alat pembelajaran karena game banyak disukai oleh anak-anak dan juga merupakan sebuah media pembelajaran yang efektif. Pembelajaran kelas 1 C sering menggunakan Game agar anak-anak tidak jenuh dalam mengikuti pembelajaran secara daring. Salah satu game yang digunakan guru di SDN Sondakan yaitu Game Wordwall. Wordwall merupakan web aplikasi yang berisi game edukasi berbasis kuis yang menarik. Guru dapat membuat beragam model kuis sesuai dengan kreatifitas guru sesuai dengan materi pembelajaran. 

    Hal menarik dari game  Wordwall yaitu guru dapat melihat dan memainkan game yang telah dibuat oleh guru lain. Karena sifatnya berbasis komunitas maka guru bisa belajar secara kreatif dan kolaboratif dengan guru-guru lainnya.

    Pembelajaran menggunakan game Wordwall ini tetap digunakan dalam pembelajaran secara PTMT di sekolah agar anak-anak terbiasa menggunakan digitalisasi di sekolah ketika pembelajaran berlangsung. Pembelajaran menggunakan game ini terbukti dapat membuat anak-anak tidak jenuh ketika mengikuti pembelajaran secara daring maupun luring dengan adanya respon dari orang tua dan peserta didik sehingga pembelajaran lebih aktif  dan menyenangkan.